ritual baru fedora

Bookmark and Share
Kali ini saya mencoba install fedora ini karena kebutuhan dapur supaya tetep ngebul tutuntutan dari kantor. seperti dulu ketika pertama kali mengenal linux dalam hal ini ubuntu, saya mencoba menulis beberapa kebiasaan yang harus saya install atau saya setting. ada sedikit yang tidak biasa di kantor saya ini karena saya harus melakukan semua dengan console.

Oke, ini beberapa hal yang saya lakukan ketika menginstall laptop saya dengan fedora.

Hal pertama yang saya lakukan adalah setingan netwok. hal ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan command line atau dengan cara mengklik gambar netwok pada pojok kanan atas. saya tidak akan membahas itu karena saya melakukan dengan console/command line. ini baris perintahnya.

vim /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0

isi ifcfg-eth0 dengan

DEVICE=eth0
HWADDR=00:90:F5:82:8A:04
UUID=5fb06bd0-0bb0-7ffb-45f1-d6edd65f3e03
TYPE=Ethernet
DEFROUTE=yes
IPV6INIT=no
PREFIX=24
ONBOOT=yes
IPADDR=192.168.2.24
GATEWAY=192.168.2.2
BROADCAST=192.168.2.255
NETWORK=192.168.2.0
NETMASK=255.255.255.0
BOOTPROTO=none
NAME=terra-data
DNS1=202.43.160.50
IPV4_FAILURE_FATAL=yes

lalu save kemudian restart network dengan perintah

service network restart.

Yang kedua seting Resolusi monitor. Pada laptop Anote **ini kantor cinta produk dalam negri** saya harus menginstall

system-config-display

ini perintahnya

yum install system-config-display

setelah selesai install ketikan

system-config-display

lalu pilih konfigurasi sesuai dengan selera.

Yang ketiga acsesoris-acsesoris :)

yum install pidgin

buat chating

yum install flash-plugin

untuk main poker di fb :D

su -c 'yum install flash-plugin nspluginwrapper.x86_64 \
nspluginwrapper.i686 alsa-plugins-pulseaudio.i686 \
libcurl.i686'

untuk update firefox atau lebih lengkapnya klik disini

dan sisanya untuk kebutuhan development perl

yum install \
mysql-server make gd-devel cpan unzip mod_ssl vim-enhanced cvs \
gcc-c++ expat-devel curl-devel openssl-devel \
perl-libapreq2 perl-libwww-perl perl-XML-LibXML perl-XML-Parser \
perl-HTML-Template perl-Crypt-SSLeay perl-DBIx-Class

tinggal konfigurasi-konfigurasi deh